MENU MENU PADA PEMOGRAMAN
Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan pengenalan tentang program Scratch. Selanjutnya pada bagian ini akan dijelaskan bidang kerja dan berbagai macam fungsi serta kegunaan menu yang disediakan oleh Scratch. Ketika membuka program Scratch pertama kali kita akan melihat sebuah kucing sebagai contoh objek pada bidang kerja yang disebut Sprite, dan pada bagian sebelah kiri terdapat tombol yang memvisualisasikan pemrograman untuk aplikasi ini. Scratch menyediakan akses lebih dari 100 blok. Blok tersebut disusun ke dalam delapan ikon yang terletak pada menu blok. Delapan ikon dari Scratch Blocks tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
Motion. Icon untuk mengontrol penempatan sprite, arah, perputaran, dan perpindahan sprite
Looks. Icon mengenai sprite, tampilan background, dan memberikan kemampuan untuk menampilkan teks atau tulisan
Sound. Icon yang mengontrol playback, volume musik, dan file audio
Pen. Icon yang dapat digunakan untuk menggambar dengan menggunakan warna dan ukuran pen yang berbeda
Control. Icon yang menggerakkan eksekusi script berdasarkan perihal yang didefinisikan sebelumnya, pengulangan pemrograman logika dengan loops, dan menampilkan logika kondisional
Sensing. Icon yang dapat digunakan untuk menentukan lokasi dari pointer mouse, jaraknya terhadap sprite lain dan apakah sprite bersentuhan dengan sprite lainnya
Numbers. Icon yang menampilkan perbandingan logika, pembulatan, dan operasi matematika lainnya
Variables. Icon yang dapat digunakan untuk membuat variabel dan menaruh data pada aplikasi ketika dieksekusi.
Gambar 1. Menu-Menu dalam Pemrograman Scratch
Dr. Anita Rahayu, S.Si., M.Si.
Bina Nusantara University
Comments :
BINUS UNIVERSITY
BINUS HIGHER EDUCATION
BINUS UNIVERSITY MALANG | Pilihan Universitas Terbaik di Malang
LOCATION
Jl. Araya Mansion No. 8-22 Araya – Malang Jawa Timur 65154
CONTACT US
Phone
(62 -341) 3036969 f. (62 -341) 3036868
pmbmalang@binus.edu
GET CONNECTED ON
SOCIAL MEDIA
Copyright © BINUS Higher Education. All right
Komentar
Posting Komentar