Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan pengenalan tentang program Scratch. Selanjutnya pada bagian ini akan dijelaskan bidang kerja dan berbagai macam fungsi serta kegunaan menu yang disediakan oleh Scratch. Ketika membuka program Scratch pertama kali kita akan melihat sebuah kucing sebagai contoh objek pada bidang kerja yang disebut Sprite, dan pada bagian sebelah kiri terdapat tombol yang memvisualisasikan pemrograman untuk aplikasi ini. Scratch menyediakan akses lebih dari 100 blok. Blok tersebut disusun ke dalam delapan ikon yang terletak pada menu blok. Delapan ikon dari Scratch Blocks tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut. Motion. Icon untuk mengontrol penempatan sprite, arah, perputaran, dan perpindahan sprite Looks. Icon mengenai sprite, tampilan background, dan memberikan kemampuan untuk menampilkan teks atau tulisan Sound. Icon yang mengontrol playback, volume musik, dan file audio Pen. Icon yang dapat digunakan untuk menggambar dengan menggunakan warna dan ukuran pen
Tidak hanya berfungsi untuk menyimpan dan menyusun data saja, namun struktur data juga memiliki peran yang sangat penting saat proses pengambilan hingga pengolahan data. Di dalam penyusunan data, ada beberapa istilah yang wajib dipahami terlebih dahulu, misalnya node dan indeks. Node adalah sebuah elemen yang ada di sebuah struktur yang berisi pointer ke node berikutnya. Sementara indeks merupakan suatu objek yang ada di dalam sistem database yang bisa membuat proses pencarian menjadi lebih cepat. Struktur yang digunakan untuk penyimpanan juga memiliki beberapa tipe. Berikut adalah di antaranya: Array Array merupakan tipe data yang terdiri dari sekumpulan elemen dengan jarak yang saling berdekatan. Tipe data ini bisa membantu programmer dalam menentukan data secara acak cukup dengan memanfaatkan indeks saja. Namun untuk melakukan hal ini, harus mengetahui terlebih dahulu struktur dan algoritmanya. Tree Tipe data ini memiliki bentuk yang mirip dengan pohon (tree). Tipe ini umum digunak
Komentar
Posting Komentar