Algoritma pencarian merupakan algoritma yang dirancang untuk mencari atau mengambil elemen dari struktur data, tempat data tersebut disimpan. Aspek vital dari algoritma pencarian adalah path finding, yang digunakan untuk menemukan jalur yang dapat diambil untuk melintasi dari satu titik ke titik lainnya, dengan mencari rute yang paling optimal. Salah satu algoritma pencarian yang digunakan sebagai path finding adalah algoritma A* atau A Star. Di artikel ini kita akan menjelaskan lebih detail mengenai pengertian, cara kerja, dan kegunaan algoritma A star. Yul, kita bahas bersama! Daftar Isi Pengertian Algoritma A* (A star) Algoritma A* (A Star) adalah algoritma pencarian yang digunakan untuk menemukan jalur terpendek antara titik awal dan akhir. Algoritma ini sering digunakan untuk penjelajahan peta guna menemukan jalur terpendek yang akan diambil. A* awalnya dirancang sebagai masalah penjelajahan graph (graph traversal), untuk membantu robot agar dapat m...
Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan pengenalan tentang program Scratch. Selanjutnya pada bagian ini akan dijelaskan bidang kerja dan berbagai macam fungsi serta kegunaan menu yang disediakan oleh Scratch. Ketika membuka program Scratch pertama kali kita akan melihat sebuah kucing sebagai contoh objek pada bidang kerja yang disebut Sprite, dan pada bagian sebelah kiri terdapat tombol yang memvisualisasikan pemrograman untuk aplikasi ini. Scratch menyediakan akses lebih dari 100 blok. Blok tersebut disusun ke dalam delapan ikon yang terletak pada menu blok. Delapan ikon dari Scratch Blocks tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut. Motion. Icon untuk mengontrol penempatan sprite, arah, perputaran, dan perpindahan sprite Looks. Icon mengenai sprite, tampilan background, dan memberikan kemampuan untuk menampilkan teks atau tulisan Sound. Icon yang mengontrol playback, volume musik, dan file audio Pen. Icon yang dapat digunakan untuk menggambar dengan menggunakan warna dan ukuran...
Komentar
Posting Komentar